Selamat Datang dan selamat menikmati aplikasi-aplikasi gratis di blog ini dan mohon maaf kalau sobat blogger aga sedikit kurang nyaman karena blog ini sedang dalam tahap pembuatan dan pengalihan dari blog lama terimakasih atas perhatiannya
Komisi Gratis | Bisnis Online Tanpa Modal

Senin, 28 November 2011

Sejarah internet

      Pada tahun 1960-an Departemen pertahanan amerika serikat khawatir akan kemungkinan terjadinya perang nuklir. hal ini membuat dimulainya penelitian untuk menghubungkan komputer-komputer yang dimiliki departemen pertahanan dalam satu instalasi. komputer tersebut di harapkan saling berkomunikasi dan tetap bertahan jika perang benar-benar terjadi. pada bulan oktober 1962 dimulailah riset komputer di ARPA ( Advanced research Projects Agency ) dengan Joseph Licklider sebagai ketua program pertama.
      Pada tahun 1965 dengan bantuan ARPA, Larry Robert dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi Wide Area Network yang pertama. Mereka menghubungkan komputer TX-2 di MIT dengan komputer Q-32 di santa Monica melalui jaringan telphone. dari percobaan tersebut disimpulkan bahwa jaringan telephone dafat melewatkan data namun masih aja ada kendala yakni mahalnya biaya telephone. Kleinrock memprediksikan model pengiriman paket data merupakan komunikasi antar dua komputer yang paling memungkinkan.
       Pada tahun 1966 Bob Taylor dari ARPA menerima bantuan dana dari beberapa universitas di AS untuk melakukan percobaan membuat jaringan yang menghubungkan komputer-komputer dari sejumlah universitas yang mendanainya.tiga tahun kemudian jaringan tersebut berhasil di buat yang di sebut ARPANET.
       ARPANET pertamakali online di tahun 1966 yang menghubungkan komputer-komputer di berbagai unuversitas bagian barat Amerika Serikat, antara lain Universitas di California los Angles ( UCLA ), stanford research Institute University of California Santa barbara, dan University of Utah.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More